Rabu, 03 Februari 2016

Makanan Yang Baik Pada Ibu Hamil

Makanan Yang Baik Pada Ibu Hamil 


Makanan Yang Baik Pada Ibu Hamil >> Memang sangatlah penting untuk menunjang kesehatan janin sekaligus calon buah hatibagi para orang tua yang khususnya mendambakan keturnnan yang sehat. Seorang ibu hamil harus benar-benar menjaga apa yang ia makan, karena sumber makanan janin itu sendiri berasal dari sari-sari makanan yang di konsumsi oleh ibu. Makann yang baik yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah memperbanyak konsumsi sayur yang mengandung zat besi dan buah yang mengandung banyak vitamin. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang telah diperkenalkan makanan pendamping asi lebih tertarik pada makanan yang mengandung gula dan gatam ketimbang rasa dari sayuran hijau. Meskipun demikian penelitian menemukan adanya ketimbang rasa dari sayuran hijau, meskipun demikian penelitian menemukan adanya kebiasaan dan pembelajaran yang dapat dilakukan oleh bayi dalam mengenali rasa sayuran semenjak dini. Bagi ubu hamil yang sering mengkonsumsi buah dan sayur selama hamil dan menyusui akan menjadikan kebiasaan baik bai bayi yang telah diberikan makanan pendamping ASI. 

Kebiasaan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat anda lakukan semenjak kehamilan pertama. Perhatikan pula jenis sayuran dan buah buahan yang anda konsumsi. Bagi yang sedang hamil beberapa zat yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan akan mempengaruhi perkembangan janin anda sehingga sebaiknya anda membatasi konsumsi buah durian yang mengandung dua kandungan yang berbahaya untuk perkembangan janin anda termasuk sayur pare yang menyebabkan kekhawatiran kandungan  yang akan menggangu kesehatan janin anda. Beberapa sayuran dan buah buah yang tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu Kandungan sisa pestisida, bakteri, sisa pupuk kandang yang memicu terjadinya toksoplasmosis dan parasit akan membahayakan kehamilan. Menjaga kebersihan dan kehigienisan sangat diperlukan dalam sebelum memasak dan mengkonsumsinya.

Kandungan sayuran dan buah buahan sangat bermanfaat dalam mencukupi kebutuhan nutrisi termasuk kandungan serat yang dapat membantu anda dalam mengatasi gangguan pencernaan seperti wasir pada ibu hamil. Anda memang tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsi sayuran dan buah buahan setiap harinya. Ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui dapat mengikuti panduan makan sayuran dan buah buahan sekitar 4 hingga 5 porsi sayur dan 3 hingga 4 porsi buah setiap hari. Sedangkan untuk ibu yang sedang mengandung bayi kembar harus meningkatkan konsumsi buah hingga 6 sampai 7 porsi dalam sehari.
Berikut Adalah Makanan Yang Baik di Konsumsi Oleh Ibu Hamil . 

Berikut Beberapa makanan yang baik bagi ibu hamil :


  1. Sereal 
    Setiap pagi Anda bisa memulai hari dengan sarapan sereal. Di dalam sereal terdapat asam folat yang dibutuhkan pada beberapa minggu pertama fase kehamilan, selanjutnya (hingga delapan bulan ke depan) vitamin B adalah nutrisi wajib yang harus dipenuhi.
    Para ahli menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan setidaknya 400 mikrogram asam folat per harinya. Mereka juga mengatakan bahwa sereal bisa dijadikan pilihan makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi ketika sarapan. Jika Anda tidak suka sereal, coba ganti dengan sayur asparagus dan kacang polong.
  2. Brokoli
    Brokoli menjadi sumber nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, seperti kalsium dan asam folat. Disamping itu, terdapat pula serat dan antioksidan yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan memerangi berbagai jenis penyakit. Juga terkandung vitamin C yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan untuk membantu penyerapan zat besi lebih sempurna, dapat ditemukan pula pada gandum atau beras merah.
  3. Pisang
    Pisang merupakan sumber kalium yang bertindak sebagai penambah energi untuk ibu hamil yang mengalami kelelahan. Buah ini juga gampang dicerna oleh usus karena dagingnya yang lembut serta tidak membuat perut terasa mual ketika ditelan.
  4. Keju
    Tidak semua keju baik untuk ibu hamil. Sangat disarankan untuk memilih keju cheddar atau mozzarella karena keduanya menyumbangkan kalsium dan protein yang cukup tinggi pada tubuh. Setiap ons nya terdapat 150 hingga 200 mg kalsium.
  5. Telur
    Terkadang perut merasa mual jika harus makan daging terus menerus, apalagi disaat mengandung. Oleh karena itu, ada makanan sehat untuk ibu hamil alternatif selain daging yang sama-sama memberikan kebutuhan protein harian yang cukup banyak, yaitu telur.
    Tidak hanya protein, terdapat pula nutrisi lain seperti asam amino. Anda bisa memakannya dengan membuat dadar kemudian dipadukan dengan sayur brokoli dan taburan keju, untuk minumnya Anda bisa sediakan satu gelas susu rendah lemak. 
  6. Sayuran hijau
    Rata-rata sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi tersebut bisa membuat janin yang berada di dalam rahim tetap sehat dan mendapatkan nutrisi bergizi. Anda bisa membuat sayur bayam dengan lobak untuk makan malam bersama.
  7. Jeruk 
    Sudah banyak yang mengenal khasiat jeruk berkat tingginya kandungan vitamin C, asam folat, serat, dan airnya. Salah satunya adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Seorang ibu hamil juga harus menjaga jumlah cairan di dalam tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi yang kemungkinan mengancam kesehatan janin.
  8. Kacang-kacangan 
    Lemak merupakan nutisi vital bagi perkembangan otak  bayi. Para ahli meminta para bumil untuk mengganti lemak jenuh seperti daging dengan lemak tak jenuh yang dapat ditemukan pada beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang merah. Jika Anda tidak biasa ngemil kacang, coba oleskan selai kacang pada roti gandum Anda.
  9. Yoghurt
    Produk susu yang sudah difermentasikan ini menjadi favorit ibu hamil yang tinggal di perkotaan. Pada yoghurt, tertanam vitamin D dan kalsium dalam jumlah sarat. Seorang ibu hamil setidaknya butuh 1000 mg kalsium per hari agar tumbuh kembang janin tetap sehat. Anda bisa konsumsi yoghurt jika bosan dengan jus, tenang saja, yoghurt termasuk minuman rendah lemak yang menyehatkan.
  10. Ikan salmon 
    Ikan salmon adalah makanan laut yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan lemak omega-3 di dalam salmon sangat tinggi yang bagus bagi wanita hamil. Dikatakan aman karena salmon hanya sedikit mengandung merkuri, tidak seperti makanan laut lain semacam kerang yang kandungan merkurinya sangat tinggi sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh bumil.
  11. Daging tanpa lemak 
    Daging adalah sumber zat besi hewani yang dua kali dibutuhkan saat menjalani masa kehamilan. Pilihlah daging tanpa lemak agar tidak menimbulkan petaka pasca melahirkan atau bisa jadi saat masih menjalani masa kehamilan, yaitu kegendutan.
  12. Susu tanpa lemak 
    Tubuh menyerap kalsium pada makanan dua kali lipat dari biasanya, tetapi sebetulnya kebutuhan per harinya tetap sama. Namun, kebanyakan orang terlalu sedikit mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Jika Anda memenuhi kebutuhan tersebut, susu tanpa lemak bisa menjadi pilihan cerdas. Setiap gelas susu dapat memasok sekitar 30% dari kecukupan gizi berupa kalsium yang dianjurkan mencapai 1.000 miligram.

Itu lah beberapa makanan yang baik bagi ibu hamil serta baik bagi janinnya. Semoga dengan adanya artikel ini ibu hamil semakin lebih baik lagi. 


Post by Makanan Yang Baik Pada Ibu Hamil 


0 komentar:

Posting Komentar