Selasa, 09 Februari 2016

Beberapa Makanan Yang di Larang Untuk Ibu Hamil

Beberapa Makanan Yang di Larang Untuk Ibu Hamil 


Beberapa Makanan Yang di Larang Untuk Ibu Hamil >> Demi mejaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang diakndungannya ibu hamil sebaiknya menjauhi makanan yang dilarang untuk ibu hamil. kehamilan rasanya mengubah segalanya. Perubahan ini disertai juga dengan tuntunan perubahan pola makan. Makanan yang dikonsumsi ibu hamil kini tidak saja mempengaruhi tubuh ibu hamil namun dapat juga mempengaruhi tubuh dan kesehatan janin. 


Mengetahui makanan baik bagi ibu hamil dan makanan yang dilarang untuk ibu hamil rasanya menjadi suatu pengetahuan dasar yang harus di ketahui. Mengingat kondisi kesehatan janinsangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu , seorang ibu hamil haruslah pintar dalam memilih makanan yang ia konsumsi. Terutama harus menghindari konsumsi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil 


setiap ibu pasti menginginkan hal terbaik bagi anaknya, begitu juga dari segi nutrisi yang ia berikan kepada janin dalam kandungannya. Makanan tentulah sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan janin. dengan membaca daftar  makanan yang dilarang untuk ibu hamil anda dapat mengambil keputusan bijak dalam memilih makanan selama 9 bulan kehamilan. 


  • Hindari makanan laut yang tinggi merkuri
    Makanan laut atau seefood adalah sumber nutrisi yang baik. kandungan protein dan omega-3 pada makanan laut terhitung sangat tinggi. namun beberapa makanan laut beresiko mengandung merkuri yang tinggi. kandungan merkuri yang tinggi terutama terdapat pada ikan yang umurnya tua dan ukurannya besar. badan kesehatan FDA mengatakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil dari makanan laut adalah : ikan pesut, ikan hiu, dan ikan tenggiri. Lebih baik anda juga menghindari tuna karena beberapa tuna mengandung merkuri yang tinggi. 
    Karena makanan laut merupakan sumber nutrisi yang baik, Anda tetap harus mengkonsumsi makanan laut. Pilihlah makanan seperti: udang, salmon, ikan trout dan teri.
    Ketahui juga bahwa makanan laut yang dimakan haruslah yang matang 100%. Jadi sushi yang mengandung makanan laut yang tidak matang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil.
  • Hindari daging dan telur yang tidak matang
    Alasan mengapa daging dan telur yang tidak matang menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil adalah karena makanan ini mengandung banyak bakteri. Pemanasan hingga 100˚C dapat membunuh bakteri jahat terebut. Ingat juga bahwa ibu hamil rentan terkena infeksi bakteri karena perubahan tubuhnya saat hamil. Telur mata sapi setengah matang juga harus dihindari. Sebaliknya masaklah semua makanan sampai benar-benar matang.
  • Hindari makanan yang belum di pasteurisasi
    Bila Anda gemar minum susu murni yang belum dipasteurisasi, Anda harus menghilangakan kebiasaan ini saat Anda hamil. Pasteurisasi merupakan suatu proses pada makanan yang dilakukan dengan tujuan membunuh mikroorganisme yang sering mengkontaminasi makanan tersebut. Makanan seperti susu, madu, jus dan beberapa jenis keju seringkali ada yang belum dipasteurisasi. Pastikan makanan Anda sudah dipasteurisasi sebelum mengkonsumsinya.
  • Hindari buah dan sayur yang belum di cuci 
    Mengkonsumsi buah dan sayuran memang hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Selain karena seratnya yang tinggi dan membantu ibu agar tidak konstipasi, buah dan sayuran juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Namun hindari mengkonsumsi makanan ini bila tidak dicuci bersih, karena dapat mengandung banyak mikroorganisme yang dapat menginfeksi ibu serta janin. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang dibersihkan sendiri di rumah agar kebersihannya terjamin.
  • Anda boleh minum kafein, namun dalam batas yang sewajarnya
    Sebenarnya kafein bukanlah merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Namun, batas konsumsi kafein yang boleh Anda minum setiap harinya adalah 200 mg. Nilai ini setara dengan 2 gelas kopi instan, 4 gelas teh atau 5 kaleng soda per hari. Konsumsi kafein yang berlebihan saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan rentan membuat bayi Anda lahir dengan berat badan yang rendah. Kafein juga dapat menembus plasenta dan dapat berefek terhadap denyut jantung bayi Anda.
  • Hindari jamu-jamuan 
    Ibu hamil sangat berhati-hati dalam hal mengkonsumsi obat apapun pada saat hamil karena takut obat tersebut dapat mempengaruhi janinnya juga. Hal ini juga berlaku dengan jamu-jamuan. Obat tradisional memang terdiri dari bahan-bahan alami. Namun sayangnya kita tidak mengetahui kandungan jamu dan obat tradisional lainnya. Hal yang ditakutkan adalah bila jamu tersebut mengandung bahan yang belum teruji keamanannya bila diberikan ke ibu hamil. Ingat bahwa beberapa macam zat dan obat dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi jamu ialah konsultasikan hal ini dengan dokter Anda.
  • Hindari alkohol 
    Bagi Anda penggemar minuman atau makanan yang mengadnung alkohol, disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebutkarena alkolhol dapat menembus plasenta. Alkohol yang berlebihdan dapat menimbulkan penyakit pada janin yaitu menyebabkan deformitas (bentuk yang tidak normal) wajah, kelainan jantung dan retardasi mental. Alkohol juga sangat mempengaruhi perkembangan otak janin Anda.
  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok 
    Rokok dan asap rokok memiliki efek yang buruk bagi kondisi kehamilan Anda. Selain dapat menimbulkan kecacatan pada janin, rokok juga dapat membuat rahim Anda kontraksi dini sebelum waktunya. Keadaan ini dapat berlanjut menjadi kelahiran premature, yaitu kelahiran yang terjadi sebelum umur kehamilan mencapai waktu yang matang. Rokok dapat melemahkan lapisan ketuban Anda, sehingga ketuban Anda menjadi mudah pecah.

Post by Beberapa Makanan Yang di Larang Untuk Ibu Hamil 

0 komentar:

Posting Komentar